SIAK-B (SISTEM INFORMASI AKSES KEUANGAN KABUPATEN BULELENG)
BERITA

Rapat Koordinasi TPAKD Kabupaten Buleleng Tahun 2022

24 Februari 2022 905 kali

     Rapat koordinasi TPAKD Kabupaten Buleleng Tahun 2022 berlangsung di Ruang Rapat Lobi Kantor Bupati, Rapat Koordinasi TPAKD Kabupaten Buleleng dipimpin oleh Asisten Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Ni Made Rousmini, S.Sos., MAP., selaku Sekretaris TPAKD Kabupaten Buleleng, yang dihadiri oleh OPD yang menjadi anggota Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Kabupaten Buleleng. Sementara itu dari Otoritas Jasa Keuangan Regional 8 Bali dan Nusra diwakili oleh Kepala Bagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen merangkap Kepala Bagian Kemitraan dan Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Daerah, Bapak I Gusti Bagus Adi Wijaya.

Sambutan dan paparan dari Ibu Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng adalah tentang program kerja TPAKD Kabupaten Buleleng tahun 2022. Ada 3 rencana program kerja TPAKD Kabupaten Buleleng tahun 2022 yaitu :

1. Program Zona  Literasi  Keuangan dengan  pilot project Zona “Pasar Banyuasri” Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng dalam mengaplikasikan sarana dan perangkat teknologi berbasis mobile maupun berbasis web utamanya perluasan layanan berbasis QR (QRIS) dan pemberlakuan e retribusi.

2. Program Digitalisasi  Akses Informasi dengan pembuatan website “SiAKANGBULE” yang dimaksudkan untuk perluasan akses keuangan bagi masyarakat Kabupaten Buleleng dan sebagai sarana untuk memudahkan nasabah dalam mendapatkan informasi layanan perbankan di Kabupaten Buleleng.

3. Program Gerakan Buleleng Menabung yang mempunyai kegiatan berupa Simpanan Pelajar (SimPel) dimana Sekolah Negeri di Kabupaten Buleleng bekerja sama dengan perbankan dan juga Bank Sampah terutama sampah plastik yang dikonversikan dengan tabungan.

Selanjutnya adalah arahan dari Otoritas Jasa Keuangan Regional 8 Bali dan Nusra :

1. Program zona literasi, dengan memastikan bahwa seluruh pedagang sudah terinklusi (sudah menabung di bank dan kredit juga di bank, bukan rentenir ).

2. Untuk meningkatkan minat pada masyarakat, dalam pelaksanaan e-retribusi adalah dengan memberikan asuransi jiwa mikro secara gratis.

3. Dengan memberikan asuransi terhadap kendaraan yang parkir di area pasar.

4. Website “SiAKANGBULE” tidak sekadar memberikan informasi, akan tetapi aplikasi yang bisa memberikan manfaat kepada masyarakat. Dan pada menu Pengajuan KUR bisa langsung terkoneksi ke https://kurbali.com/ yang merupakan program dari TPAKD Provinsi Bali.

5. Pada website juga bisa ditambahkan website “Pengaduan Konsumen Industri Jasa Keuangan”  yang telah dibuat oleh OJK dengan alamat https://kontak157.ojk.go.id/

6.  Tabungan Simpanan Pelajar bisa mengunakan aplikasi yang bisa diinput dari rumah dan bank akan mengambil secara periodik.

7. Untuk sampah plastik selain dikonversikan ke tabungan, bisa juga dalam bentuk asuransi jiwa mikro atau emas.

8. Penanganan sampah agar tidak sekadar mengumpulkan dan menimbun akan tetapi bisa langsung disalurkan kepada industri yang memakai sampah tersebut.

9. Program yang ada sebaiknya bukan merupaka program single year melainkan multi years.

10. Masih banyak masyarakat yang mengikuti investasi yang tidak jelas, maka sangat penting mengadakan edukasi secara terus menerus.

11. Merekrut jegeg bagus Buleleng sebagai ADIK OJK (Agen Edukasi Dan Inklusi Keuangan) dan bisa menyebarluaskan informasi dan juga mengedukasi masyarakat.

12. Tidak disampaikannya produk unggulan dari Kabupaten Buleleng (garam dan hasil perkebunan/pertanian), bisa dijadikan untuk program kerja di tahun berikutnya.

Terkait semua masukan dari OJK akan segera ditindak lanjuti dan dievaluasi progresnya dalam rapat rutin TPAKD Kabupaten Buleleng tiap triwulan.

Berita Terpopuler
Pengumuman
kosong